Minggu, 28 Agustus 2016

Menemukan Potensi Diri

Tepat pukul 13.09 WIB, setelaha menyelesaikan perkuliahan strategi belajar mengajar, aku langsung menuju kekantin dan segera memesan teh manis panas. supaya hari hariku tetap manis speerti yang kuharapkan. aku duduk sambil mengetik dan sambil mendengarkan wanita yang disamping ku tertawa ria, walau aku tak tau apa yang hendak dia tertwakan, aku asyik aja mengetik kata-kata ini, karena akua tau dia pasti memperhatikan apa yang sedang aku ketik ini. namun tetpa kubiarkan dia tetap memperhatikan apa yang kuketik ini, kubiarkan dia mmalu sendiri, hingga akhirnya dia menundukkan kepalanya. okeh... back to topic.. hehehhehe

hari ini aku merasa menemukan pribadi yang baru setelah keluar dari ruangan Audio Visual Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Medan. aku sangat senang dengan dosen pengampuh mata kuliah kami, biasa dipanggil pak Sidik.
awal masuk perkuliahan dengan beliau, saya memaparkan hasil analisisku terhadap film "3 Idiot", film yang berasal dari negeri India. dimana film ini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan yang sesungguhnya.
nah... aku akan mencoba memaparkan hasil analisisku tentang film ini, sembari membagai ilmu kepada teman-teman sekalian yang hendak membaca blog saya ini.

sekedar pengantar
dunia pendidikan merupakan dunia dimana segala bentuk manusia, baik suku, agama, warna dan lain sebagainya. SD, SMP dan SMA adalah tempat awal dimana karakter anak anak yang menjadi penerus bangsa. guru, orangtua dan teman berpengaruh besar dan menentukan menjadi apa mereka dan apa tujuan mereka diperguruan tinggi yang mereka inginkan nanti.
3 idiot merupakan sebuah film anak kuliahan atau kampus yang mungkin sengaja dibuat oleh penggiat kampus, seperti mantan anak kuliahan, mantan aktifis dan lain sebagainya. pokoknya yang pernah merasakan dunia kampuslah....
kuliah memang sudah menajdi keharusan bagi pemuda-pemudi dizaman edan ini, teknologi semakin canggih. semua sudah bisa dikatakan canggih, tinggal cara kita bagaimana menyikapi hal ini. masa depan anak kuliahan 70% akan dibentuk di perkuliahan mereka sendiri,, apa tujuan dan maksud mahasiswa berkuliah.
ada mahasiswa yang hanya mengejar nilai,
ada mahasiswa yang takut mengembangkan talentanya,
ada mahasiswa yang tidak mengerti apa jati dirinya.
ada mahasiswa penjilat.
jadi bisa dikatakan sebenarnya bahwa mahasiswa tidak ada bedanya dengan binatang bunglon, yang bisa mengganti warna kapan dan dimana pun dia berpindah tempat. begitulah mahasiswa ketika berjumpa dan berhadapan dengan dosen merka masing masing.
namun adapulak mahasiswa yang benar-benar blak blakan dan melawan ketiak mereka tidak mengerti apa yang diajarkan dan mungkin tidakk sesuai dengan apa yang dipikirkan mahasiswa tersebut. namun itu buaknlah menjadi suatu masalah yang besar, masalahnya ada bagaimana mahasiswa dapat mencapai dan menemukan potnesi diri mereka masing masing.
dosen bukanlah segalanya, dosen tak selamanya benar. dosen berhak untuk dikritik.
suasana di film 3 idiot sama persis dengan suasana yang terjadi dengan di jurusan saya.

 orang tua juga berperan penting dalam menentukan nasib anaknya yang sedang berkulliah, orang tau harus mengetahui bakat dan kemampuan yang dimilikinya,
teman juga sangat mengambil andil dalam menumbuhkan sikap mental yg kuat dan yang akan tumbuh dalam pribadi mahasiswa. karena ketika teman mengejek dan menertawakan siapa lagi yang akan mendukung dia. saat sepertilah mental akan roboh dan hancur berkeping keping.

setelah mengetahui potensi diri, dan memilik ilmu pengetahuan yang luas, percayalah kita dapat dipekerjakan dan kita dapat membuka lapangan kerja. setelah itu semua, Cinta pun tak akan Kemana.
jadiilah mahasisswa  sejati...!!!!!
salam mahasiswa!!!!


penulis adalah mahasiswa jurusan pendidikan sejarah universitas negeri medan dan aktif di Kelompok Diskusi BARSDem, Aktif juga di UKM-KP FIS, dan juga sebagai ketua Koodiantor HMJ (himpunan mahasiswa jurusan) Sejarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar