Rabu, 05 Oktober 2016

GESTAPU-GESTOK (Antara 30-01 oktober 1965)


                              KONSPIRASI G30S

Aku ingin menutup malam ini dengan beberapa untaian kata, kalimat atau bahkan paragraf yg akan kulampirkan dibawah. untuk mereka keluarga yang tidak mendapat keadilan dan justru mendapat penindasan dan penjarahan pada masa-masa 65.

30-01 okt 1965 adalah hari mengerikan dan merupakan tragedi yg sangat ironis bagi mereka yg tau dan memahami. adalah hari yg akan memaksa generasi intelek untuk menolak lupa akan tragedi tersebut. tentunya tanggal 30 Oktober - 01 November 1965 adalah hari bersejarah (hari hitam nan gelap) bagi negara Indonesia ini.
Gestapu/gestok adalah sebuah gerakan revolusi dari pihak" yang kontras kepada pemerintahan yang sah, dengan kata lain Gestapu atau gestok diartikan sebagai penggulingan pemerintahan yang sah.
sampai saat ini belum ada teori tunggal, perihal pelaku utama gestapu atau gestok. sebaliknya, begitu banyak pihak yg terlibat antara lain: PKI, SOEHARTO, AD(angkatan darat), USA (CIA), INGGRIS, BIRO KHUSUS(Sjam kamaruzaman), Letkol Untung dan bahkan the founding Father (SOEKARNO) terlibat atau sudah mengetahui peristiwa itu. 


beberapa kesimpulan sebagai penyebab gestapu atau gestok ini antara lain; (1). Konflik internal AD (perwira menengah vs perwira atas) mengenai perbedaan ideologi (pancasila dan komunisme). (2). situasi dan kondisi pada masa demokrasi terpimpin yang sudah tidak sejalan lagi dengan UUD 1945. (3). kediktatoran Soekarno pada akhir kepemimpinannya (konsep NASAKOM, MANIPOL, RESOPIM, Pembubaran DPR menjadi DPRGR, Politik Mercusuar, Konfrontasi Malaysia, konsep NEVO DAN OLDEVO, pelangsingan PARPOL, Resavel kabinet sebanyak tiga kali, pembentukan front Nasional dan issue adanya presiden seumur hidup oleh rakyat. 

Image result for komunis indonesia


(NB: kesimpulan diatas diambil setelah diskusi kelas A Reguler 2014, jurusan Pend.Sejarah Unimed. pada tanggal 26 september 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar